Contoh Paragraf - Pengertian dan Ciri Ciri Paragraf



Contoh Paragraf

Info tentang dunia pendidikan akan menjadi pembahasan buat anda untuk beberapa postingan berikut dan contoh paragraf serta pengertian dan ciri ciri paragraf menjadi satu info awal buat anda semua setelah pada kesempatan lain adalah contoh artikel yang telah dishare. Membahas tentang paragraf tentunya tak lepas dari susunan atau rangkaian cara penempatan kalimat yang memang adalah poin dari paragraf itu sendiri.

Sebuah tulisan yang utuh pasti disusun atas beberapa paragraf dan paragraf tersusun dari beberapa kalimat. Kalimat-kalimat penyusun paragraf harus saling berhubungan satu sama lain. Sebuah paragraf yang koheren atau terpadu disusun dari kalimat yang saling berhubungan dan berkiatan satu sama lain. Walaupun demikian, ada sebuah paragraf yang hanya terdiri atas sebuah kalimat, yaitu paragraf penutup surat.dan untuk jelasnya langsung saja simak berita terbaru untuk pengertian dan ciri ciri Paragraf serta Contoh Paragraf Campuran yang telah ada tersedia dibawah ini.


Pengertian dan Definisi Paragraf


* Paragraf adalah kelompok kalimat yang saling berhubungan untuk membentuk sebuah ide.  Sehingga paragraf juga bisa diartikan sebagai suatu kumpulan pernyataan penulis yang adalah suatu unit atau kesatuan dalam pengembangan persoalannya

* Paragraf merupakan kesatuan yang lebih tinggi atau lebih luas daripada kalimat.

* Paragraf adalah unit pikiran atau perasaan yang biasanya tersusun atas beberapa unit (kalimat) dan bertindak sebagai bagian dari unit yang lebih besar, yaitu wacana.

* Paragraf juga bisa diartikan sebagai bagian tulisan yang lebih panjang, sekelompok kalimat yang berhubungan secara logis-disusun dari bagian-bagian yang menyatu dan didasarkan pada satu topik tunggal.

* Paragraf adalah rangkaian kalimat yang saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan pokok pembahasan. Paragraf umumnya terdiri atas beberapa kalimat. Kalimat-kalimat itu saling bertalian dengan mengusung seuah gagasan tertentu

* Paragraf adalah satuan bahasa yang mengandung ide untuk mengungkapkan buah pikiran yang dapat berupa satu atau beberapa kalimat

* Paragraf adalah rangkaian kalimat yang disusun secara sistematis dan logis sehingga membentuk kesatuan pokok pembahasan

* Paragraf adalah rangkaian kalimat yang disusun secara berurutan sehingga membentuk satu pikiran utama. Dalam paragraf terdapat kalimat utama dan kalimat penjelas. 


Ciri Ciri Paragraf

# Kalimat pertama bertakuk (block style) ke dalam lima ketukan spasi untuk jenis karangan biasa, misalnya surat, dan delapan ketukan untuk jenis karangan ilmiah formal, misalnya: makalah, skripsi, desertasi, dll. Karangan berbentuk lurus dan tidak bertakuk  ditandai dengan jarak spasi merenggang, satu spasi lebih banyak daripada antar baris lainnya.

# Paragraf menggunakan pikiran utama (gagasan utama) yang dinyatakan dalam kalimat topik.
Setiap paragraf menggunakan sebuah kalimat topik dan selebihnya merupakan kalimat pengembang yang berfungsi menjelaskan, menguraikan, atau menerangkan pikiran utama yang ada dalam kalimat topik

# Paragraf menggunakan pikiran penjelas (gagasan penjelas) yang dinyatakan dalam kalimat penjelas. Kalimat ini berisi detail - detail kalimat topik.
Paragraf bukan kumpulan kalimat - kalimat topik. Paragraf hanya besiri satu kalimat topik dan beberapa kalimat penjelas. Setiap kalimat penjelas berisi detail yang sangat spesifik, dan tidak mengulang pikiran penjelas lainnya.


Contoh Paragraf Campuran

" Indonesia adalah negara kesatuan. Negara yang terdiri dari ribuan pulau ini memiliki aneka ragam kebudayaan dan bahasa. Masyarakatnya yang rukun dan damai saling hidup berdampingan dalam perbedaan agama, bahasa, kebudayaan, dan lain-lain. Semboyan Bhineka Tunggal Eka yang berarti walaupun berbeda-beda tetap satu jua inilah yang menjadi dasar masyarakat Indonesia dalam menjalani kehidupan. Selain kaya akan ragam kebudayaan, Indonesia juga memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah dari ujung Sabang sampai Merauke. Dengan pengelolaan yang baik, kekayaan alam Indonesia ini bisa menghidupi serta mensejahterakan masyarakat Indonesia sehingga semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan serta kerukunan masyarakat Indonesia "


Demikian untuk info pengertian dan ciri ciri paragraf serta sedikit contoh paragraf yang disajikan pada kesempatan ini,semoga memberikan manfaat guna bagi anda semua.
Contoh Paragraf - Pengertian dan Ciri Ciri Paragraf 9out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Comments :

0 komentar to “Contoh Paragraf - Pengertian dan Ciri Ciri Paragraf”

Posting Komentar

Semua Ada Disini

Advertise Hari Ini

 
Contoh Paragraf - Pengertian dan Ciri Ciri Paragraf - Semua Ada Disini
Blogger Template by Blogger Mbojo Share In Premium Wordpress Themes and Blogger Template|Support Semua Terbaru| Host In Blogger.com
-
Top  blogs-ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers- Show all blogs-Entertainment Blogs
Bloggers.com